Pages

Minggu, 12 Maret 2017

Pengalaman Tes Masuk Pelindo 1

Hai Hai Hai.....
Kali ini aku mau berbagi sedikit pengalaman ikutan rekrutmen di PELINDO 1 nih guys. Walaupun aku akhirnya ga jadi karyawan PELINDO 1 tapi moga aja ini bisa membantu bagi yang membutuhkan infonya.


Dari yang saya tahu bahwa PELINDO adalah singkatan dari Pelabuhan Indonesia, dan yang saya tahu bahwa PELINDO ini ada PELINDO 1, 2 dan 3. PELINDO 1 berkantor pusat di Medan dan mengomandoi beberapa daerah seperti Aceh, Medan, Riau dan Kep. Riau. PELINDO ini adalah salah satu dari perusahaan BUMN yang ada di Indonesia dan gaji di sini juga lumayan gede guys. Jadi ga salah klo semuanya pada rebutan masuk ke sini. Oke, langsung saja ke tahapan tes masuknya ya. ada 7 tahap yang mesti dilalui untuk jadi pegawai PELINDO 1 ini guys, yaitu :

1. Tahap pendaftaran
2. Tes tertulis 1
3. Tes Tertulis 2
4. FGD
5. Tes Tertulis 3
6. Tes Kesehatan
7. Wawancara akhir


PENDAFTARAN

Nah guys, tahap pendaftaran ini semuanya dilakukan secara online di www.lmfeui.com/umpelindo1. Semua syarat2 yang harus disiapkan juga sudah lengkap di kasih tahu di sana. Dan salah satu syarat yang belom gua punya saat itu adalah toefl. Toefl yang dibutuhkan dengan skor 500. Setelah liat pengumuman itu langsung deh aku cari tempat tes toefl dan alhmdulillah skornya nyampe :).


TES TERTULIS 1
Jeda antara pendaftaran dan Tes ini sangat lama sekali guys, nyaris 2 bulan aku nungguinnya. Dan Alhamdulillah aku lulus dan ikut tahap ini. Kota tesnya sesuai dengan pilihan kita pada saat pendaftaran. Ada 2 lokasi tes yang disiapkan yaitu Jakarta dan Medan. Karena saya berasal dari Padang jadi saya memilih lokasi Medan, di samping itu saya juga punya keluarga di Medan. Tes tertulis 1 ini ada 2 tahapan, Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan TOEIC. Pada tes ini yang temen2 butuhkan hanya konsentrasi penuh. karena tes ini waktunya sangat singkat. Jadi kerjakan mana yang benar-benar di anggap mudah dan jangan terpaku pada 1 soal saja. Dan tips selanjutnya jangan lupa makan.
Selain tes tertulis pada waktu juga dilakukan verifikasi data. Dan pada saat verifikasi data ada banyak pengalaman yang aku dapat nih di sini. Ada banyak sekali yang berminat sama ini perusahaan, alhasil tesnya dibagi menjadi 4 tahapan. Dan aku masuk ke tahap 3 yaitu pukul 13.00 alias setelah istirahat khan ya. Tapi karena lokasi tesnya lumayan jauh jadinya kita berangkat pukul 10 dari rumah dan nyampe sekitar pukul 11.30 lah. Di pengumuman tertulis klo harus datang 1 jam sebelum tes karena ada verifikasi data. Nah pas datang udah pada ngantri nih orang-orang. Karena aku baru datang liat orang antri langsung nyelonong aja ikutan nganti. Eh pas nyari KTP asli ternyata ketinggal di jaket pada saat check in pesawat kemarin. Panik nggak tuh...
Tapi aku ga hilang akal, langsung cari SIM dan bilang kalau KTP nya ketinggalan di jaket. Alhamdulillah panitianya ngijinin, seneng banget elaahh....
Setelah verifikasi segala macam, aku langsung dikasih no urut dan dan masuk buat ujian k dalam ruangan. pas di dalam ruangan feeling ku udah ga enak ini karena aku perhatiin nam2 para peserta itu yang abjad nya di tengah semua, sedangkan aku Y alias di belakang (karena tahap ujian berdasarkan abjad). Pas isi absen ternyata dugaanku bener, yang tes sekarang baru yang tahap 2 dan aku ujiannya ada di tahap 3. Waduh panik lagi gak tuh...
Akhirnya aku nanya sama panitia yang di ruangan itu dan kebetulan ujan belom di mulai. Dianya juga bingung, akhirnya dia nanya ke panitia yang senior dan di jawab "ya udah ga apa-apa"
Di satu sisi aku tenang pas di kasih jawaban itu tapi di sisi lain aku takut karena kecerobohan aku in malah nantinya ini yang bikin aku nggak lulus. Tapi aku berusaha sebisa mungkin agar konsentrasiku ga buyar saat ujian berlangsung


TES TERTULIS 2
Pengumuman tes tertulis 1 hanya 2 hari setelah tes berlangsung, dan pengumumannya itu selalu malam pada pukul 00.00. Aku udah pasrah aja dengan hasilnya. Karena melihat dari apa yang terjadi selama tes tersebut. Tapi ternyata Tuhan masih mengijikan aku untuk mengikuti tahap selanjutnya guys, aku luluss....
Tes selanjutny adalah psikotes. Ada jeda 4 hari setelah pengumuman menuju hari tes. Selama 4 hari itu aku benar-benar belajar untuk persiapan psikotes ini.
Hari H tiba, lagi-lagi aku dapat waktu ujian di siang hari setelah istirahat. Tapi lagi-lagi aku datang lebih cepat. AKu hanya sarapan dan bawa bekal cemilan saja. Siangnya juga tidak makan. Alhasil selama ujian aku keroncongan guys. Jadi sebelum psikotes sebaiknya makan dulu iy guys biar tesnya nyaman.
PSikotes PELINDO ini bener-bener sesuatu guys, we o we bangaet deh.
Yang pertama itu kita di kasih kertas yang berisi pertanyaan tentang pribadi kita, keluarga, pengalaman 2 tahun terakhir. tapi seemua itu dalam bentuk pertnyaan yang harus kita jelaskan se detil mungkin. Ada sekitar 8 pertanyaan yang ajukan tapi terdiri dari pertanyataan A, B dan C. Sudah kayak soal dari dosen saja, dan itupun harus dengan penjelasan karena pertanyaannya dimulai dengan kata "Uraikanlah". Sebelum itu selesai kita juga di kasih kerta warteg. Teman-teman tahu pasti apa itu warteg di psikotes. Dan selain warteg juga ada kita di suruh menggambar pohon. Jika sudah selesai warteg dan pohon kita bisa lnjut pada pertanyaan sebelum tadi. Setelah itu kita juga di kasih buku yang berisi 100 pertanyaan dan kita jawab mana yang mendekati pribadi kita. Dan jawaban itu harus kita jawab di lembar LJK alias musti dihitambulatkan. BAyangkan udah mengarang indah malah disuruh menghitambulatkan 100 soal. Tapi belum selesai itu kita di kasih tes koran guys. KIta di suruh tes koran dlu. Setelah tes koran baru bisa melanjutkan tes menghitambulatkan tadi. kalian semua bisa membayangkan bagaimana capeknya tanganku. Bahkan udah ga berasa tangan lagi. Parah bener deh tesnya.

FGD
Pengumuman tes psikotes ini lebih lama dibandingkan tes tertulis 1 kemarin yakninya 5 hari. Dan Alhamdulillah namaku masih tertulis di sana. Tes selanjutnya itu adalah Forum Grup Discussion (FGD). Di sini kita dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok ada 5 dan 6 orang. Dan jumlah anggota grup ku adalah 6 orang. 3 cewek dan 3 cowok. Pada tes ini kita nanti di kasih suatu masalah, lebih tepatnya pertanyaan sih. Pertanyaannya adalah hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menjadi pegawai PELINDO 1. Nanti kita di suruh memilih dulu secara pribadi dengan menulis di sebuah kertas, setelah itu kita akan diminta diskusi atas jawban pribadi kita tadi mana yang paling prioritas. Untuk diskusi kita hanya di kasih waktu 30 menit. Psikolog nya tidak akan memperingatkan kita masalah waktu ini. Jadi kita sebagai peserta harus bisa membagi waktu dan saling mengingatkan. Setelah FGD selesai dilanjutkan dengan wawancara psikolog.
Di akhir wawancara psikolog mengatakan kalau pengumuman selanjutnya bisa dibilang cuku lama yakni 3 sampai 4 minggu.

UJIAN TERTULIS 3
Janji psikolog yang mengatakan pengumuman bisa 3 sampai 4 minggu ternyata tidak benar, huhu. Nyatanya kita harus menunggu sampai nyaris 2 bulan untuk ini. Saya merasa di pehape kan karena tiap hari buka tapi ga ada hasilnya. Sedih dedek, huhu. Tapi hari yang ditunggu-tunggu pun keluar, dan Alhamdulillah nama saya masih tertulis lagi di sana. Tes selanjutnya itu tes bahasa Inggris dan Bidang. Tes bahasa Inggris nya ini seperti TOEFL. ada listening, reading dan structure. Lalu tes bidang ini sesuai jurusan kita dan kebetulan aku akuntansi jadi dpt soal2 akuntansi. Dan tau ga guys soal akuntansinya benar-benar WOW. kelas berat semua, geleng-geleng pala ngerjainnya. Hehehe

TES KESEHATAN
Setelah menunggu sampai 2 bulan lebih akhirnya pengumumanya keluar. Dan Alhamdulillah nama saya tidak ada lagi di pengumuman. Hehehe.
Jadi saya tidak bisa melanjutkan tahap-tahap rekrutmen selanjutnya guys karena aku ga terlibat lagi.

Ok, itu sedikit cerita dan pengalaaman saya mengikuti proses rekrutmen di PELINDO 1 guys. Semoga bermanfaat ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar