Pages

Rabu, 04 September 2013

TEORI AKUNTANSI ASET part 3

Karena pembahasan tentang aset sangatlah banyak, maka saya membaginya ke dalam tiga bagian. Klo di part 1 dan 2 kita membahas tentang :
A.    Pengertian dan Karakteristik Aset
B.     Pengertian, Pengukuran, Pengakuan, Penyajian dan Pengungkapan :
1.      Persediaan
2.      Properti, Pabrik dan Peralatan
3.      Penurunan Nilai
4.      Biaya Pinjaman
5.      Sewa Guna Usaha
6.      Instrumen Keuangan
maka untuk part 3 ini kita akan membahas instrumen2 aset yang lainnya.
1.      Investasi Pada Entitas Asosiasi (PSAK 15/ IAS 28)
PSAK 15 vs IAS 28
Pengertian
PSAK 15
Entitas asosiasi adalah suatu entitas termasuk entitas nonkorporasi seperti persekutuan, dimana investor mempunyai pengaruh signifikan dan bukan merupakan enitas anak ataupun bagian partisipasi dalam ventura bersama.
Metode ekuitas adalah metode akuntansi dimana investasi pada awalnya diakui sebesar biaya perolehan dan selanjutnya disesuaikan unntuk perubahan pascaperolehan dalam bagian investor atas aset neto investee.
Pengaruh signifikan adalah kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan operasional investee, tetapii tidak mengendalikan bersama atass kebijakan tersebut.
IAS 28
Asosiasi adalah entitas di mana investor mempunyai pengaruh yang signifikan, akan tetapi tidak mempunyai kendali bersama.
Metode ekuitas adalah suatu metode akuntansi di mana investasi pada entitas asosiasi untuk pertama kali dibukukan menurut beban perolehannya dan selanjutnya disesuaikan untuk mencerminkan bagian investor dari aset bersih entitas asosiasi.
Pengaruh yang signifikan adalah kekuatan untuk berpartisipasi di dalam proses pengambilan keputusan kebijakan operasi daripada suatu entitas, tetapi tanpa mempunyai kendali atau kendali bersama atas kebijakan kebijakan yang dimaksud.
Metode Ekuitas
Tidak terdapat perbedaan mengenai metode ekuitas ini pada IAS 28 ataupun PSAK 15.
Metode ekuitas adalah metode akuntansi di mana investasi investasi pada pada awalnya awalnya diakui diakui sebesar sebesar biaya biaya perolehan. Ditambah atau dikurangi untuk mengakui bagian laba atau rugi investee setelah tanggal perolehan. Pengakuan atas pendapatan komprehensif investee diakui sebagai pendapatan komprehensif dan kenaikan investasi pada pembukuan investor. Distribusi dari investee mengurangi nilai tercatat investasi. Hak suara  potensial tidak mempengaruhi bagian laba investor.
Metode Pencatatan
Untuk pembahasan yg lebih lengkap mengenai ASET part 3 ini silahkan langsung saja download di http://www.4shared.com/office/LCmlKKOp/aset_3.html.
Smoga bermanfaat iy, :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar