Pages

Kamis, 05 September 2013

TEORI AKUNTANSI " Biaya "

BIAYA
Pengertian
Biaya tidak dapat dipisahkan dengan pengertian kos, asset, biaya, dan rugi. Dalam pengertian SFAC No. 6, FASB mendefinisikan biaya dan rugi sebagai berikut :
Expenses are outflows or other using up of asset or incurrence of liabilities (or combination      of both) from delivering or producing goods, rendering services, or carrying out other activities that constitute the entity’s ongoing major or central operations.(prg.80).
Beban adalah arus keluar atau menggunakan atas aset atau timbulnya kewajiban (atau kombinasi keduanya) dari pengiriman atau produksi barang, memberikan jasa, atau melakukan kegiatan lain yang merupakan operasi yang sedang berlangsung entitas besar atau pusat. (Prg.80).
Losses are decreases in equity (net asset) from peripheral or incidental transaction of an entity and from all other transaction and other events and circum stances affecting the entity axcept those that result from expenses or distribution to owners (prg.83).
Kerugian adalah penurunan ekuitas (aktiva bersih) dari transaksi perifer atau insidental suatu entitas dan dari semua transaksi lain dan acara lain dan sikap sirkum mempengaruhi axceptthose entitas yang dihasilkan dari beban atau distribusi kepada pemilik (prg.83).
Kalau kewajiban merupakan bayangan cermin aset, definisi pendapatan oleh FASB diatas merupakan lawan atau kebalikan dari definisi pendapatan. Pendapatan arahnya masuk, sedangkan biaya arahnya keluar kesatuan usaha. APB mendefinisi biaya sebagai kebalikan pendapatan sebagai berikut (APB Statement No. 4, prg. 134)
Expenses-grosss decrease in asset or gross increases in liabilities recognized and measured in conformity with generally accepted principles that result from those type of profit-directed activities of an enterprise that can change owners equtity.
Beban-grosss penurunan aset atau kenaikan gross dalam kewajiban yang diakui dan diukur sesuai dengan prinsip yang berlaku umum bahwa hasil dari orang-orang jenis kegiatan laba-diarahkan dari perusahaan yang dapat mengubah equtity pemilik.
APB selanjutnya menjelaskan bahwa sepertipendapatan, biaya hanya timbul dalam kaitannya dengan aktivitas penciptaan laba yang menagkibatkan perubahan ekuitas. Pengiriman barang dalam transaksi penjualan merupakan biaya karena hasil bersih penjualan tersebut adalah perubahan ekuitas. Dilain pihak, timbulnya kewajiban untuk pembelian asset bukan merupakan biaya karena ekuitas tidak dapat berubah pada saat pembelian tersebut. Dengan makna yang hampir sam, IAI mendefinisikan biaya dalamSAK(2002) sebagai berikut :
Beban adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibtkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.

Karakteristik Biaya
Ingin tau lebih lengkap mengenai pembahasan ini??
langsung saja download di http://www.4shared.com/file/qZ8QwjlC/biaya.html
smoga bermanfaat iy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar